Saturday, February 18, 2006

Habis berjalan-jalan ke blog temen-temen, kok kayanya blog-ku ini paling 'kurang bermakna' sendiri yah. Nggak bisakah aku menulis sesuatu yang bijak di sini.. suatu pemikiran yang berguna dan berbobot.. well, oke, kurasa aku akan membicarakan topik debat yang 'kontroversial' itu.. rasanya aku sebagai orang yang memiliki kehidupan kedua di dunia cyber ini harusnya punya pendapat terhadap masalah ini.. kalo sampe debatnya kita dapet tema ini, akan memalukan kalo kelompokku nggak menang bukan? So let's do a little practice here...


Internet Relationship Never Works Out


Con reasons:
1. Di dunia nyata, orang cenderung menilai kita lewat penampilan lebih dulu. Sementara di dunia maya, kita mau tidak mau akan menilai orang lewat kepribadian lebih dulu (dengan asumsi dia bersikap seperti dirinya sendiri dan tidak berpura-pura menjadi orang lain), yang adalah cara yang jauh lebih baik untuk mencari pasangan yang cocok dengan kita. Penampilan seringkali membutakan, belum lagi hal-hal kurang penting lainnya seperti kekayaan, kepopuleran, dan hal-hal "tampak luar" lainnya yang seringkali lebih menonjol di dunia nyata daripada hal paling penting yang seharusnya menjadi perhatian nomor satu: kepribadian dan kecocokan. Mencari pasangan lewat dunia maya jadi terasa sebagai cara yang ideal, karena dengan cara inilah baru kita bisa memfokuskan diri pada kepribadian dan kecocokan.


2. Waktu yang kita habiskan dengan seseorang di dunia maya digunakan untuk bicara, bicara, dan bicara, yang adalah hal yang paling penting dilakukan dalam masa PDKT maupun setelah jadian. Di dunia nyata, kita cenderung lebih suka melakukan hal-hal lain daripada sekedar mengobrol, dan kadang terasa lebih sulit untuk membuka diri dan menjadi diri sendiri di hadapan seseorang yang begitu menarik perhatian kita. Ini menyebabkan jalur komunikasi yang seharusnya terbuka jadi tertutup, dan pada akhirnya, hubungan cenderung tidak bertahan lama karena kurangnya pengenalan terhadap satu sama lain. Sementara di dunia maya, kita pasti bisa mengenal calon pasangan atau pasangan kita dengan sangat baik (lagi-lagi, dengan asumsi dia bersikap seperti dirinya sendiri) karena apa sih yang bisa kita lakukan selain bicara? Kita jadi tidak terburu-buru dan bisa meyakinkan diri sendiri bahwa inilah orang yang benar-benar cocok untuk kita, setelah ratusan kali kita bicara dengannya. Dengan mengenal satu sama lain dengan sangat baik, hubungan kemungkinan besar akan berjalan lancar.


Pro reasons:
1. Dunia maya tidak bisa dipercaya. Orang bisa dengan mudah "memalsukan" kepribadiannya, sehingga orang yang kita kira ideal ternyata bisa merupakan kebalikannya sama sekali. Belum lagi kalau ternyata dia cuma psikopat yang mencoba untuk mengincar kita dengan cara menjadi figur cowok atau cewek ideal kita.


2. Kalau tidak pernah ketemu, sulit untuk membangun kepercayaan. Seperti long-distance relationship yang membutuhkan banyak pengorbanan. Tapi hal ini bisa diselesaikan dengan mudah yaitu dengan cara sederhana; mulailah sering-sering mengatur pertemuan dan kontak di dunia nyata juga.


Baru menemukan 2 pro dan con sejauh ini, tapi kalo kita bener dapet topik ini, lumayan kan buat persiapan. Hihi.. bisa untuk dua sisi nih, jadi dapet pro atau con pun nggak masalah.


Personally, aku lebih condong ke arah con. Karena untuk alasan-alasan yang kusebutkan di atas, dan aku percaya kok banyak orang yang berhasil mempertahankan hubungannya sampai awet dari pertemuan di internet. Dan aku juga percaya itu mungkin. Sebagai orang yang tingkat PD-nya di bawah rata-rata, aku lebih senang ketemu jodohku di dunia maya, karena dengan begitu aku bisa lebih terbuka sama dia dan bisa membangun persahabatan lebih dulu, menikmati semua kecocokan yang kami miliki, dan nggak merasa diburu-buru untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Dan kalaupun nanti akhirnya ketemu, pastinya aku sudah merasa nyaman dengan dia setelah ratusan kali ngobrol sama dia, jadi rasa kurang PD sama sekali tidak akan jadi masalah lagi, karena kita sudah saling kenal satu sama lain begitu baik.


So, internet relationship does work out for me!

2 Comments:

Blogger Mel said...

pengalaman pribadi, Kar?

hehehe *grin*

2/19/2006 12:24 AM  
Blogger Ireth Halliwell said...

Pasti pengalaman pribadi *giggles*

eniwei... i think i'm having it now... *rolleyes* with someone. You don't know him, but maybe if you hang out a bit with us around in the afternoon, you'd know him. Droo knew him, but he just didn't know that it was 'him'. ^^; But.. masih tahap TTM kok XD~ belum sampe make up kok..

3/09/2006 10:19 PM  

Post a Comment

<< Home

Desperate Secrets - Secrets of my desperation in life from the past and present

THE DESPERATE

Alias: Cornelia
Age: 19
Gender: Female
Location: Indonesia
Birthdate: 03 Sept 1987
Star Sign: Virgo
Birthstone: Sapphire
Planet: Mercury
Element: Earth
Favorite Color: Lime Green
Obsession: Alias
Occupation: Freelance Translator
University Major: Integrated Marketing Communication
Live Journal: Private Eyes
Graphic Journal: Nocturne Love
Fan Fiction Journal: Three Decades
I am worth $2,045,034

Credits

Design by Ireth Halliwell
Hosted by Blogger
Site Content by Cornelia

Shoutbox



Free Website Counter
Free Website Counter

Powered 
by Blogger